Jampe-Jampe Orang Baduy: Studi Kedudukan dan Fungsi Jampe-Jampe Mantra dalam Kehidupan Masyarakat Baduy

Masyarakat Baduy adalah kelompok masyarakat yang bermukim dan tinggal yang mengasingkan diri dari hiruk pikuknya dunia modern. Namun demikian ada pembagian kelompok mayarajat Baduy dalam dan masyarakat Baduy Luar. Baduy luar yang dikenal dengan sebutan Baduy penamping, disinyalir karena melanggar pikukuh, atau kaena mereak pengen keluar dari aaturan-aturan pikukuh yang ada. Suatu yang sangat menarik tentang ideology kepercayaan orang Baduy bahwa mereka yang hendak keluar dari Baduy dalam, dan menjadi Baduy luar, aturan pikukuh memerintahkan untuk berpindah agama harus  mengambil agama Islam, selain agama islam atidak akan pernah diakui sebagai kekerabatan.

Dalam keseharian memperthanakan kehiduapann baik pribdai maupun lingkungan, mereka menjaga betul dengan aturan adat yaitu pikukuh. Dalam pikukuh ini masyaraat Baduy harus mentaati dalam menjalankan kehidupan baik pemarentahan, pribadi ataupun berkeluarga.

Dalam praktik pikukuh percaya betul terhadap kekolatan Baduy. Kekolotanlah yang menjaga dan selalu dimintai petunjuk bagi masyarakat Baduy. Dalam ajaran pikukuh di dalamnya terdapat jampe-jampe dan mantra-mantra kehidupan baik untuk mengobati, tolak bala, menanam di ladang dan huma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *